for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

5 Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Mengobatinya

5 Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Mengobatinya

dantechviews.com – Gagal ginjal adalah salah satu gangguan ginjal yang bisa ditandai dengan adanya penurunan fungsi ginjal. Penyebab gagal ginjal dapat disebabkan oleh beberapa kondisi serta penyakit tertentu.

Ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Fungsi ginjal adalah untuk mengeluarkan atau memisahkan produk sisa buangan metabolisme dari darah.

Dalam kondisi gagal ginjal, ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring zat sisa metabolisme. Kondisi ini bisa menyebabkan komplikasi kesehatan tubuh sebab tubuh akan memiliki racun yang berlebihan.

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal adalah kondisi yang disebabkan oleh beberapa hal. Dikutip dari jurnal Chronic Renal Failure oleh Vaidya SR dan Aeddula NR, penyakit gagal ginjal biasanya disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini.

1. Tekanan Darah Tinggi

Dalam data yang dikeluarkan oleh National Kidney Foundation, hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab gagal ginjal. Tekanan darah merupakan kondisi ketika tekanan darah atau denyut jantung lebih tinggi daripada normalnya.

Kondisi tekanan darah diakibatkan adanya penyempitan pembuluhan darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah rusak. Saat pembuluh darah rusak, nefron yang menyaring darah tidak bisa menerima oksigen dan nutrisi untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Gangguan tersebut mengakibatkan ginjal tidak berfungsi secara maksimal.

2. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyebab terjadinya kondisi gagal ginjal. Apabila penderita tidak mengontrol kadar gula darah, gula darah yang tinggi akan merusak unit penyaringan kecil di dalam ginjal. Dengan begitu, organ ginjal akan tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya.

3. Gangguan Saluran Kemih

Saat tubuh tidak bisa mengeluarkan urine dengan normal, racun akan menumpuk pada bagian ginjal dan membebaninya. Beberapa kondisi yang menyebabkan urine sulit untuk dikeluarkan adalah:

  • Kanker prostat
  • Kanker usus besar
  • Kanker pada kantung kemih
  • Kanker serviks

Kondisi-kondisi di atas dapat mengganggu aliran urine yang bisa menyebabkan gagal ginjal, seperti batu ginjal, pembesaran prostat, dan terdapat gumpalan darah pada saluran kemih.

4. Gangguan Aliran Darah ke Ginjal

Penyebab gagal ginjal lainnya adalah hilangnya aliran darah ke ginjal secara tiba-tiba. Kondisi yang dapat menyebabkan gangguan ini adalah:

  • Serangan jantung
  • Penyakit jantung
  • Munculnya jaringan parut pada gagal hati
  • Kurang asupan cairan
  • Infeksi parah, seperti sepsis

Di samping kondisi-kondisi di atas, tekanan darah tinggi serta penggunaan obat antiinflamasi juga dapat membatasi aliran darah.

5. Riwayat Genetik dan Autoimun

Gangguan autoimun atau penurunan sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit lupus dapat meningkatkan risiko penyakit gagal ginjal sebab kondisi ini bisa mengakibatkan peradangan pada berbagai macam bagian tubuh, termasuk ginjal, sehingga ginjal mengalami penurunan pada fungsinya.

Selain itu, riwayat genetik juga menjadi faktor yang menyebabkan gagal ginjal. Apabila orang tua atau kerabat dekat menderita gangguan ginjal, seperti penyakit ginjal polikistik, glomerulonefritis, sindrom nefritis, batu ginjal, atau infeksi ginjal berulang, seseorang akan memiliki risiko untuk terserang penyakit gagal ginjal.

Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Dirangkum dari jurnal Diet and Chronic Kidney Disease oleh Holly Kramer, berikut adalah jenis makanan yang bisa menjadi penyebab serta memperburuk gagal ginjal.

1. Makanan dengan Garam yang Berlebihan

Sodium adalah kandungan mineral alami yang banyak digunakan dalam garam. Mengonsumsi sodium dengan kadar yang tinggi akan menaikkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, serta penurunan fungsi ginjal.

Setiap orang direkomendasikan mengonsumsi garam tidak lebih dari 2.300 mg untuk mengurangi risiko terkena penyakit gagal ginjal. Batasi konsumsi camilan asin, daging olahan dengan bumbu pengawet, dan lain-lain.

2. Makanan Kaya Akan Protein

Protein pada dasarnya merupakan salah satu kandungan yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh, seperti dapat memperbaiki jaringan tubuh, menjaga kesehatan tulang, mengontrol tekanan darah, dan lain-lain. Akan tetapi, mengonsumsi makanan dengan protein yang banyak bisa mengakibatkan gangguan pada ginjal.

Saat proses metabolisme berlangsung, protein biasanya akan diolah dan menghasilkan zat sisa. Konsumsi makanan protein terlalu tinggi dapat meningkatkan beban kerja ginjal, sehingga ginjal harus bekerja lebih ekstra.

Makanan kaya akan protein secara tidak langsung dapat menyebabkan kondisi gagal ginjal pada penderita gangguan ginjal, seperti peradangan pada ginjal, dan lain-lain.

3. Makanan Berfosfor Tinggi

Fosfor merupakan mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi, fosfor bisa mengakibatkan kerusakan pada sejumlah tubuh, termasuk ginjal.

Setiap orang direkomendasikan untuk membatasi asupan fosfor sebesar 700 mg per hari. Kandungan fosfor banyak ditemukan pada produk susu, bir dan soda, minuman coklat, permen, makanan olahan, dan lain-lain.

4. Makanan Tinggi Gula

Asupan gula perlu dibatasi setiap harinya untuk menghindari berbagai macam gangguan kesehatan, termasuk diabetes. Seperti yang diketahui, diabetes merupakan salah satu penyebab utama seseorang terserang gagal ginjal sehingga hal ini perlu dihindari.

Cara Mengobati Gagal Ginjal

Pengobatan gagal ginjal biasanya diobati berdasarkan kondisi penyebabnya. Jika organ ginjal mulai kehilangan fungsinya, pengobatan yang umum dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Dialisis

Dialisis adalah perawatan medis yang dilakukan untuk membantu tubuh dalam menyaring limbah dan cairan tertentu. Metode yang biasa dilakukan untuk dialisis adalah sebagai berikut:

  • Hemodialisis atau cuci darah yang dilakukan dengan memanfaatkan mesin khusus untuk membersihkan darah dari zat sisa.
  • Dialisis peritoneum adalah metoda penyaring zat sisa pada darah dengan menggunakan cairan dialisis yang dapat menyerap zat sisa yang berlebihan.

2. Transplantasi Ginjal

Cangkok atau transplantasi ginjal adalah metode pengobatan gagal ginjal kronis yang dilakukan dengan mengganti ginjal yang sudah tidak berfungsi dengan ginjal donor. Ginjal donor biasanya diperoleh dari seseorang yang sudah meninggal atau seseorang yang masih hidup tapi ingin mendonorkan ginjalnya dengan syarat mampu untuk hidup dengan satu ginjal.

Gagal ginjal adalah salah satu penyakit yang serius dan perlu ditangani untuk menghindari terjadinya berbagai macam komplikasi kesehatan lainnya. Kondisi ini dapat dicegah dengan menghindari makanan penyebab gagal ginjal, kebiasaan merokok, serta menjaga pola makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *