for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

Penjelasan tentang Penyakit Gondok dan Cara Pencegahannya

Penjelasan tentang Penyakit Gondok dan Cara Pencegahannya

dantechviews.com – Jelaskan tentang penyakit gondok! Soal ini bagian dari tugas IPA untuk siswa kelas 3.

Siswa akan mempelajari jenis penyakit menular dan tidak menular. Selain mengetahui nama penyakit dan penyebabnya, siswa juga akan belajar tentang gejala dan cara pencegahannya.

Jelaskan tentang Penyakit Gondok! Pahami Penjelasannya

Penyakit gondok termasuk dalam penyakit tidak menular. Berdasarkan buku Apa yang Anda Kerjakan bila Tidak Ada Dokter, David Werner, (2010:167), berikut adalah jawaban untuk soal jelaskan tentang penyakit gondok.

Penyakit gondok adalah pembengkakan atau benjolan besar pada leher sebelah depan (pada tenggorokan) dan terjadi akibat pertumbuhan kelenjar gondok yang tidak normal.

Penyakit gondok disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroid, sehingga tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kebanyakan penyakit gondok juga disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Gangguan akibat kurangnya konsumsi yodium merupakan salah satu masalah utama gizi di Indonesia.

Yodium merupakan salah satu mineral penting bagi pertumbuhan manusia dan perkembangan otaknya. Akibat kekurangan yodium yang paling banyak dikenal adalah pembesaran kelenjar gondok dan kretin (kerdil).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa yodium merupakan penyebab utama keterbelakangan anak-anak di dunia. Anak-anak yang menderita kekurangan yodium mempunyai IQ 13,5 poin lebih rendah dibandingkan mereka yang cukup mendapat yodium.

Gejala penyakit gondok ditandai dengan kelenjar tiroid yang membesar, sehingga menyebabkan leher membengkak. Jika pembengkakan menekan saluran pernapasan dan saluran pencernaan, dapat menyebabkan sulit bernapas dan susah menelan.

Cara Mencegah Penyakit Gondok

Semua orang yang tinggal di daerah endemis (daerah yang banyak penderita) gondok harus menggunakan garam beryodium.

Garam beryodium dapat mencegah penyakit gondok, dan dapat menyembuhkan benjolan gondoknya. Garam beryodium telah terbukti merupakan upaya yang murah dan efisien dalam menangani defisiensi yodium.

Beberapa kasus benjolan gondok yang lama dan keras hanya dapat dihilangkan dengan pembedahan atau operasi, tetapi tindakan ini tidak selalu diperlukan.

Mengkonsumsi kepiting atau makanan laut lainnya dapat membantu penyembuhan penyakit gondok, karena makanan tersebut mengandung yodium.

Mencampurkan sedikit ganggang laut dalam makanan juga menambah kadar yodium. Namun, cara termudah ialah dengan menggunakan garam beryodium.

Jelaskan tentang penyakit gondok! Penyakit gondok merupakan pembesaran dari kelenjar gondok di leher depan bagian bawah. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan konsumsi garam yodium.

Baca Juga:

Slot x500

Scatter Pink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *