for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

Mengenal Macam-Macam Enzim dalam Lambung

Mengenal Macam-Macam Enzim dalam Lambung

dantechviews.com – Dalam materi pelajaran biologi jenjang SMA, dipelajari tentang organ tubuh manusia, seperti lambung. Tentunya saat ujian akan ada pertanyaan, seperti sebutkan enzim yang dihasilkan oleh getah lambung.

Lambung merupakan pusat pencernaan makanan di dalam tubuh dan enzim adalah molekul protein yang kompleks yang dihasilkan oleh sel hidup dan bekerja sebagai katalisator dalam berbagai proses kimia di dalam tubuh makhluk hidup.

Sebutkan Enzim yang Dihasilkan oleh Getah Lambung!

Lambung merupakan tempat mencerna makanan dan menyerap sebagian kecil sari-sari makanan. Di lambung, makanan dicerna menggunakan gerakan peristaltik, yaitu gerakan otot seperti gelombang yang menggerakkan makanan maupun cairan.

Mengutip buku CMS Cara Menguasai Soal Biologi SMA Latihan Soal dan Pembahasan Plus HOTS, Dhany Ardyansyah (2019), getah lambung mengandung bermacam-macam zat. Misalnya, air, ion-ion garam organik, musin atau lendir yang tersusun atas zat lendir, HCl atau asam lambung, dan enzim-enzim pencernaan.

Lambung berperan sebagai tempat penyimpanan makanan sementara, membunuh kuman dan bakteri yang masuk ke dalam makanan, serta mengolah berbagai makanan dibantu oleh beberapa enzim.

Menjawab sebutkan enzim yang dihasilkan oleh getah lambung, enzim-enzim yang dihasilkan getah lambung adalah pepsin, renin, dan HCl.

Pepsin berperan untuk memecah protein menjadi pepton. Renin berperan untuk mengendapkan protein pada susu menjadi kasein. Sedangkan HCl berfungsi untuk mengubah pepsinogen menjadi pepsin, serta membunuh kuman dan bakteri yang masuk bersama makanan.

Salah satu enzim yang terpenting adalah HCl. Uraian fungsi HCl atau asam klorida secara lengkap adalah untuk:

  • Mengubah pH menjadi lebih asam menyebabkan terbunuhnya kuman yang masuk bersama makanan;
  • Mengaktifkan enzim yang dihasilkan oleh getah lambung, misalnya pepsinogen diaktifkan menjadi pepsin sehingga dapat berfungsi untuk mencegah protein menjadi pepton;
  • Merangsang sekresi getah usus.

Seperti organ lain dalam tubuh, lambung juga memiliki risiko penurunan fungsi apabila tidak menjaga kesehatan lambung dengan optimal.

Penyakit yang dapat dialami jika lambung tidak sehat adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), gastritis, atau dispepsia. GERD adalah penyakit yang muncul saat asam lambung naik dan menimbulkan iritasi dinding kerongkongan.

GERD umumnya menimbulkan gejala sulit menelan, asam di rongga mulut, nyeri dada dan tengggorokan, cegukan, sendawa, dan batuk kering.

Demikian uraian jawaban jika ada pertanyaan untuk sebutkan enzim yang dihasilkan oleh getah lambung. Pengetahuan tentang organ seperti lambung ini sangat penting untuk siswa yang sedang mempelajari biologi di sekolah.

Baca Juga : Rokokslot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *