for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

5 Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil yang Dapat Dikonsumsi

5 Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil yang Dapat Dikonsumsi

dantechviews.com – Ketika mengandung, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi berbagai suplemen vitamin dengan tujuan untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur. Salah satunya vitamin D untuk ibu hamil yang bertujuan mengatur jumlah kalsium.

Tidak hanya kalsium, vitamin D untuk ibu hamil juga bermanfaat untuk fosfat. Kalsium dan fosfat sendiri adalah mineral penting yang diperlukan untuk janin. Hingga kini, ada banyak suplemen vitamin D yang dapat dikonsumsi, yakni Vitabiotics Ultra D3 1000, Now Foods Vitamin D3, dan lain sebagainya.

Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil

Secara sederhana, vitamin D adalah vitamin yang dapat larut dalam lemak dan bisa bertahan lama di dalam tubuh. Dalam penerapannya, vitamin D terbagi menjadi dua jenis, yakni vitamin D2 dan D3.

Menyadur laman Healthline, berikut beberapa pengertian singkat dari vitamin D2 dan D3, di antaranya:

  • Vitamin D2 adalah hasil produksi dari tumbuhan, salah satunya adalah jamur.
  • Vitamin D3 adalah suplemen untuk mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin D.

Vitamin ini diperoleh dari telur, susu, keju, hati sapi, dan sereal. Jadi, vitamin D tidak hanya diperoleh dari suplemen, tetapi juga ada bisa ditemukan pada beberapa makanan kegiatan sehari-hari.

Lantas, apa saja manfaat vitamin D untuk ibu hamil? Menurut National Health Service, berikut beberapa manfaat vitamin D, di antaranya:

1. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi

Manfaat vitamin D yang pertama adalah mendukung pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi, karena vitamin D dapat mengatur jumlah kalsium dan fosfat di dalam tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, ibu hamil disarankan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi sebelum pukul 09.00 pagi selama 10 hingga 15 menit.

2. Mengurangi risiko preeklampsia

Sebagai informasi, preeklampsia adalah peningkatan tekanan darah dan kelebihan protein dalam urine yang terjadi setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu. Kondisi ini sendiri biasanya ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan di tubuh akibat penumpukan cairan, dan peningkatan kadar protein dalam urine.

Dengan mengkonsumsi vitamin D, ibu hamil dapat mengurangi risiko preeklampsia. Sebab, preeklampsia ini diawali karena tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D.

Vitamin D untuk ibu hamil dapat ditemui pada beberapa makanan sehat, seperti sayur dan buah, hingga mengkonsumsi suplemen vitamin.

3. Mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah

Vitamin D juga bermanfaat untuk mencegah kemungkinan bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Sebagai informasi, berat badan ideal bayi yang dilahirkan dalam kondisi kehamilan penuh, yakni 38-40 minggu adalah 2,7 hingga 4 kg.

Apabila berat badan bayi di bawah 2,7 kg, hal ini bisa menyebabkan bayi lebih rentan mengalami infeksi atau penyakit lainnya.

4. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah diabetes yang berlangsung selama masa kehamilan hingga proses persalinan. Apabila ibu mengalami kondisi ini, bayi yang ada di dalam kandungannya dapat mengalami kelahiran prematur, berat badan berlebihan, hingga preeklampsia.

Menurut jurnal Sufficiency Serum Vitamin D Before 20 Weeks of Pregnancy Reduces the Risk of Gestational Diabetes Mellitus karangan Chao Yan Yue, vitamin D yang tercukupi selama hamil dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi akibat diabetes gestasional.

5. Mencegah terjadinya persalinan prematur

Menyadur American Pregnancy Association, ibu hamil yang mengonsumsi vitamin D setiap harinya dapat mencegah persalinan prematur dan infeksi. Dalam studi yang ada pada laman tersebut mengonfirmasi bahwa 4.000 IU vitamin D masih aman dikonsumsi, asalkan tidak melebihi batas tersebut.

Rekomendasi Suplemen Vitamin D untuk Ibu Hamil

Tidak hanya ditemukan pada makanan dan minuman, vitamin D untuk ibu hamil juga bisa didapatkan dari beberapa suplemen.

Beberapa suplemen tersebut dapat ditemukan dengan mudah di apotek terdekat hingga e-commerce. Untuk lebih jelasnya, berikut rekomendasi suplemen vitamin D untuk ibu hamil.

1. Nature’s Plus Vitamin D3 400 IU

Suplemen pertama yang direkomendasikan adalah Nature’s Plus Vitamin D3 400 IU yang berasal dari perusahaan asal Amerika Serikat. Produk ini merupakan suplemen makanan dengan metode sustained release. Suplemen ini diformulasikan sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas.

2. Sido Muncul Vitamin D3 1000 IU

Selanjutnya adalah Sido Muncul Vitamin D3 1000 IU yang dapat dikonsumsi untuk membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya itu, vitamin D3 juga berfungsi untuk memelihara imun yang dapat digunakan sebagai terapi penunjang.

3. HolistiCare D3 1000

Suplemen vitamin D3 lainnya adalah HolistiCare D3 1000 yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D secara cepat pada kondisi, seperti lansia, ibu hamil, dan menyusui, hingga penderita infeksi tertentu serta penyakit autoimun.

Untuk ibu hamil, sebelum mengonsumsi HolistiCare D3 1000 ini, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Baca Juga:

Rokokslot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *