for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

Mengenal Anemia, Penyakit Kekurangan Sel Darah Merah pada Manusia

Mengenal Anemia, Penyakit Kekurangan Sel Darah Merah pada Manusia

dantechviews.com – Darah merupakan cairan tubuh yang sangat vital bagi kehidupan manusia, yang bersirkulasi dalam jantung dan pembuluh darah. Dikutip dari buku Mengenali Sel-sel Darah dan kelainan Darah yang ditulis oleh Novi Khila Firani (2018: 1), sel-sel darah pada tubuh meliputi eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), dan trombosit (keping darah). Sel darah merah (eritrosit) merupakan jenis sel darah yang paling dominan dan berperan dalam transportasi oksigen dan karbondioksida. Eritrosit memiliki fungsi penting dalam tubuh dan apabila kekurangan sel darah merah, seseorang akan terkena penyakit anemia.

Anemia merupakan keadaan di mana masa eritrosit dan/atau masa hemoglobin yang beredar tidak memenuhi fungsinya untuk menyediakan oksigen bagi jaringan tubuh. Dikutip dari buku Ajar Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Gangguan Sistem Hematologi yang ditulis oleh Wiwik Handayani & Andi Sulistyo Haribowo (2008: 37), anemia dijabarkan sebagai penurunan kadar hemoglobin dan kekurangan sel darah merah yang dihitung di bawah normal. Agar lebih jelas, artikel kali ini akan merangkum kriteria anemia dan batas hemoglobin yang dianggap sudah kekurangan sel darah.

Mengenal Anemia pada Manusia

Terdapat batas hemoglobin atau hematokrit pada manusia yang dianggap sudah terjadi anemia. Batas tersebut sangat dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, dan ketinggian tempat tinggal dari permukaan laut. Berdasarkan kriteria WHO pada tahun 1968, berikut nilai hemoglobin pada manusia yang dapat dinyatakan sebagai anemia:

  • Laki-laki dewasa = Hb < 13 gr/dl
  • Perempuan dewasa tidak hamil = Hb < 12 gr/dl
  • Perempuan hamil = Hb < 11 gr/dl
  • Anak usia 6-14 tahun = Hb < 12 gr/dl
  • Anak usia 6 bulan-6 tahun = Hb < 11 gr/dl

Pengobatan anemia dapat dilakukan dengan asupan zat besi, perbaikan kesehatan lingkungan, transfusi darah, dan peningkatan gizi. Darah sangat penting untuk menjaga kondisi fisiologis dalam tubuh manusia. Hal tersebut disebabkan fungsi utama darah, yaitu membawa substansi-substansi yang dibutuhkan oleh sel-sel dalam tubuh dan meneruskan transmisi sinyal. Semoga informasi ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *