for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

Mengenal Galaktosemia, Penyakit Langka Ketika Bayi Tak Bisa Cerna ASI atau Sufor

Mengenal Galaktosemia, Penyakit Langka Ketika Bayi Tak Bisa Cerna ASI atau Sufor

dantechviews.com – Tiap orang tua menginginkan bayinya lahir dengan sehat serta sempurna. Namun, sebagian balita dapat terlahir dengan penyakit sangat jarang, salah satunya tidak sanggup mengolah ASI ataupun diucap galaktosemia. Telah sempat dengar keadaan ini belum, Moms?

Dikutip dari halaman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Departemen Kesehatan, galaktosemia merupakan kelainan metabolisme karbohidrat, di mana badan tidak dapat mengolah galaktosa ataupun gula yang umumnya tedapat dalam susu. Galaktosa sendiri merupakan gula yang umumnya ada dalam susu.

Dampaknya, tidak cuma ASI saja, namun balita pula susu sapi ataupun produk olahan susu yang lain.

Pemicu Galaktosemia pada Bayi

Ada 3 tipe galaktosemia yang sudah diidentifikasi dab diakibatkan oleh mutasi gen GALE, GALK1, serta GALT. Gen- gen tersebut berperan buat membentuk enzim galaktokinase yang mengganti galaktosa jadi tenaga.

Mutasi menimbulkan gen- gen tersebut cuma bisa memproduksi sedikit enzim galaktokinase. Dampaknya, badan tidak dapat mengolah galaktosa dengan baik.

Pada keadaan wajar, galaktosa hendak di cerna oleh badan serta diganti jadi tenaga. Hendak namun, pada pengidap galaktosemia, badan tidak bisa mengolah galaktosa sehingga zat tersebut menumpuk di dalam darah. Bila menumpuk dalam darah, galaktosa bisa mengalir ke organ- organ badan, semacam ginjal serta hati.

Bahayanya, bila galaktosa mengalir ke organ badan hendak berganti jadi galaktitol, ialah salah satu zat yang beracun untuk badan. Dampaknya, organ badan bisa hadapi kehancuran.

Permasalahan Galaktosemia pada Bayi

Pada biasanya, kelainan metabolik ini terbilang tidak sering terjalin di warga universal. Galaktosemia diturunkan dari orang tua kepada anak dalam pola penyusutan autosomal recessive, ataupun ada defisiensi enzim sehingga mempengaruhi metabolismenya. Bila kedua orang tua mempunyai gen galaktosemia, resiko anaknya mengidap galaktosemia merupakan sebesar 25 persen pada tiap kehamilan.

Walaupun tidak mengidap galaktosemia, anak dari kedua orang tua yang mempunyai galaktosemia pula bisa jadi pembawa gen( carrier). Resiko anak jadi pembawa gen merupakan sebesar 50 persen.

Ya Moms, jadi dapat dibilang galaktosemia terkategori penyakit sangat jarang serta terjalin dekat 1 dari 48 ribu balita di segala dunia. Walaupun bertabiat parah, balita yang terlahir dengan keadaan ini senantiasa dapat hidup wajar apabila lekas memperoleh penindakan pas. egera diberikan penindakan yang pas.

Gejala Galaktosemia yang Nampak Pada Bayi

Dalam proses berkembang kembang balita sehabis lahir, ASI berfungsi berarti sebab jadi konsumsi nutrisi serta gizi utama. Tetapi sayangnya, untuk balita yang hadapi galaktosemia, mereka tidak dapat memperoleh konsumsi berarti tersebut. Sebab badan hendak menolak galaktosa, kemudian kesimpulannya sang kecil bisa hadapi komplikasi kesehatan. Ada 3 jenis galaktosemia yang dapat dirasakan balita, beserta gejalanya berbeda- beda. Ini yang butuh Kamu pahami, Moms!

Galaktosemia klasik( jenis 1)

Galaktosemia klasik ialah jenis galaktosemia yang sangat kerap terjalin serta memunculkan indikasi sangat berat. Balita dengan galaktosemia jenis ini tidak bisa mengolah galaktosa sama sekali.

Balita yang mengidap galaktosemia klasik bisa hadapi indikasi berikut:

  • Kendala makan ataupun anoreksia
  • Lesu
  • Perkembangan serta pertumbuhan yang lambat
  • Penyusutan berat badan
  • Kulit serta bagian putih mata menguning( jaundice)
  • Mual serta muntah
  • Diare
  • Pembesaran hati( hepatomegali)
  • Ada protein dalam urine( proteinuria)

Galaktosemia jenis 2

Indikasi galaktosemia jenis 2 ataupun defisiensi galaktokinase umumnya tidak seberat indikasi galaktosemia klasik. Walaupun begitu, balita yang dilahirkan dengan jenis ini dapat hadapi katarak.

Galaktosemia jenis 3

Pada jenis ini, indikasi yang bisa timbul bermacam- macam, mulai dari yang ringan sampai berat. Indikasi berat pada galaktosemia jenis 3 merupakan:

  • Katarak
  • Kesusahan menyusu ataupun makan
  • Berat tubuh menurun
  • Kendala berkembang kembang
  • Kontraksi otot melemah( hipotonia)
  • Retardasi mental
  • Pembesaran limpa( splenomegali) ataupun liver( hepatomegali)

Apabila balita menampilkan tanda- tanda di atas sehabis menyusu ataupun minum susu resep, hingga lekas bawalah ke dokter buat diperiksakan. Penindakan yang diberikan semenjak dini bisa menghindari kondisinya kian memburuk.

Umumnya, pada balita yang hadapi keadaan ini, hingga dokter hendak memohon orang tua menghentikan secara total santapan serta minuman yang memiliki galaktosa. Setelah itu, sang kecil dapat diberikan susu leluasa laktosa, salah satunya susu kedelai. Hentikan pula mengkonsumsi santapan yang memiliki galaktosa serta laktosa, semacam susu serta produk yang memiliki susu, permen, sirop dengan pemanis galaktosa, dan sayur serta buah tertentu, misalnya kurma, pepaya, paprika, serta kesemek.

Apabila Kamu berencana menikah tetapi mempunyai riwayat galaktosemia, terdapat baiknya konsultasikan dahulu ke dokter serta menempuh pengecekan genetik apabila mau memiliki anak.

Baca Juga

https://erp.gso.gov.bd/media/cdc/-/rokokslot/

https://www.monochrome-games.com/scatter-hitam/

https://jecza.ro/wp-includes/theme-compat/scatterhitam/

https://jecza.ro/wp-includes/theme-compat/scatterpink/

https://icps.riphah.edu.pk/-/rokokslot/

https://www.nssce.ac.in/-/rokokslot/

https://165.232.184.69/

https://playing-football.com/

https://broadmotions.com/toto-slot/

https://broadmotions.com/mix-parlay/

https://turbo-servis.rs/toto-slot/

https://consumernoted.com/

https://tyronewilsontours.com/rokokslot/

https://shamschemicals.com/slot5000/

https://shamschemicals.com/totoslot/

https://www.agc.gov.my/agcportal/common/uploads/-/rokokslot/

https://www.ioe.du.ac.in/-/link-rokokslot/

https://www.gulfcoasttrails.org/rokokslot/

https://dohfp.uk.gov.in/mis/-/link-rokokslot/

https://journal.iba-du.edu/-/slot-pulsa/

https://online.maiamp.gov.my/-/slot-pulsa/

https://systemrc.edu.es/rokokslot/

https://ridnashkola.in.ua/-/rokokslot/

https://dbsbangkok.ac.th/-/toto-slot/

https://dbsbangkok.ac.th/-/rokokslot/

https://www.jkuat.ac.ke/graduation/vendor/spulsa/

https://www.jkuat.ac.ke/projects/vendor/scatter-hitam/

shiowla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *