for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

5 Cara Mengatasi Scabies, Sakit Kulit yang Mengganggu

5 Cara Mengatasi Scabies, Sakit Kulit yang Mengganggu

dantechviews.com – Scabies atau jenis sakit kulit berupa ruam merah yang gatal tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tak perlu khawatir karena ada cara mengatasi scabies dengan beberapa jenis losion dan krim yang efektif.
Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, dalam cdc.gov, scabies pada manusia disebabkan oleh tungau gatal, Sarcoptes scabiei var. Hominis. Tungau gatal ini menyebabkan rasa gatal dan ruam kemerahan di kulit.
Gejala scabies berupa gatal parah (pruritus), terutama pada malam hari. Ini merupakan gejala scabies yang paling awal dan paling umum terjadi.

Cara Mengatasi Scabies pada Kulit

Ilustrasi Cara Mengatasi Scabies. Pexels/Ron Lach.
Cara mengatasi scabies dapat dilakukan dengan menggunakan obat berbentuk losion maupun krim. Berikut adalah beberapa obat losion dan krim sebagai cara mengatasi scabies pada kulit manusia.

1. Krim Permetrin

Krim Permetrin 5% ampuh untuk membunuh tungau yang menyebabkan scabies beserta telurnya. Obat scabies ini bisa digunakan berbagai kalangan, mulai dari orang dewasa, ibu hamil, ibu menyusui, hingga anak-anak yang berusia lebih dari 2 bulan.

2. Krim Krotamiton

Selanjutnya, ada krim Krotamiton 10% yang juga berfungsi untuk meredakan gatal dan mengobati infeksi scabies. Namun, obat ini hanya bisa digunakan penderita dewasa.
Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak tidak diperkenankan untuk menggunakan obat ini karena adanya efek samping bagi kondisi mereka saat ini.

3. Salep Sulfur

Salep sulfur 6% juga bisa mengobati berbagai penyakit kulit, termasuk scabies. Obat ini bisa digunakan anak-anak maupun orang dewasa setiap malam, setiap 3 malam, atau sesuai petunjuk dokter.

4. Antihistamin Oral

Antihistamin juga kerap kali diresepkan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh scabies. Namun, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat ini karena bisa mengakibatkan kecacatan pada janin.
Sementara anak-anak, kaum lansia, dan ibu menyusui harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

5. Losion Kalamin

Losion Kalamin mampu meringankan gatal kulit yang disebabkan scabies. Losion ini diperuntukkan bagi penderita yang berusia lebih dari 2 tahun.
Selain cara mengatasi scabies di atas, rasa gatal akibat scabies juga bisa dikurangi dengan mengompres kulit dengan lap basah.
Rendam semua pakaian dan perlengkapan tidur di dalam air panas untuk membunuh tungau dan telurnya. Kemudian, cuci semua itu sampai bersih.
Tentu cara mengatasi scabies dengan obat losion dan krim di atas memerlukan konsultasi dokter terlebih dulu. Obat-obatan di atas tidak boleh digunakan sembarangan, karena dapat memengaruhi kondisi terkini dari penderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *