for4d

situs toto

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

for4d

For4D

Situs Toto

for4d

for4d

Scatter Hitam

darmabangsa.id/akun-pro-slot-x500-scatter-hitam

Slot deposit via dana Daftar slot gacor Slot thailand

6 Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Manusia

6 Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Manusia

dantechviews.com – Penyakit yang menyerang sistem gerak manusia akan menyebabkan seseorang sulit untuk bergerak dan menjalankan aktivitasnya. Salah satu penyakit yang umum diderita terkait sistem gerak ini adalah parkinson.
Semua dipengaruhi oleh adanya gangguan atau kelaianan otot, syaraf, tulang, bahkan genetika hingga kerusakan otak. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang bergerak lebih cepat atau lebih lambat dari gerakan normalnya.

Mengenal Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Manusia

Ilustrasi Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Manusia.Sumber: Pexels/ Kampus Production
Menurut buku Top Fokus Ulangan & Ujian SMP, Tim Maestro Eduka (2020), sistem gerak pada manusia dapat terjadi karena adanya kerja sama antara rangka, otot, dan sendi.
Namun sistem gerak manusia yang sangat penting untuk menjalankan segala kegiatan ini ternyata dapat terkena penyakit. Berikut adalah penyakit yang menyerang sistem gerak pada manusia.

1. Parkinson

Parkinson adalah gangguan neurodegeneratif umum yang dapat menyebabkan kecacatan dan menurunkan kualitas hidup. Ditandai dengan perlambatan gerak, resting tremor, hingga kitidakstabilan postur.
Penyakit ini disebabkan karena adanya kekurangan zat dopamin dalam tubuh. Bahkan penderita parkinson rentan mengalami cemas dan depresi.

2. Tremor

Tremor merupakan suatu gerakan yang tidak dikehendaki dan tidak bertujuan yang terdiri atas satu seri gerakan bolak – balik secara ritmik.
Tremor ini sering ditemui dalam praktik medis. Tanda umumnya terlihat ketika tangan dan tubuh seseorang gemetar, dapat menyerang orang tua, atau orang dewasa lainnya. Hal ini cukup mengganggu aktivitas seseorang, tetapi semua ini sesuai dengan jenis tremornya.

3. Ataksia

Penyakit yang nenyerang sistem gerak selanjutnya adalah ataksia. Ataksia merupakan kelainan pada otak kecil dan saraf tulang belakang yang memengaruhi koordinasi gerakan tubuh. Ataksia menyebabkan seseorang sulit menggerakkan tubuh dengan mulus dan lancar.

4. Kifosis

Kifosis ialah kelainan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di bagian dada ke arah belakang.

5. Lordosis

Lordosis adalah kelainan tulang yang disebabkan tulang punggung terlalu membengkok ke depan.

6. Osteoporosis

Penyakit ini terjadi pada tulang yang kekurnagan zat kapur. Hal itu mengakibatkan tulang menjadi rapug sehingga retak bahkan patah. Pada umumnya terjadi pada orang lanjut usia.
Jadi, penyakit yang menyerang sistem gerak ini disebabkan oleh bermacam-macam faktor. Tentu saja jika seseorang terkena salah satu penyakit ini, maka akan menganggu kegiatan dan pekerjaan mereka.
Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *